Monday, January 11, 2010

THE TALENTED behind THE PHOTOGRAPHS




Fotografi merupakan gabungan dua kata yaitu Photos dan Graphos
Dimana arti secara harafiahnya adalah “Melukis dengan Cahaya

Foto adalah hasil nyata dari seni fotografi tersebut. Ketika seseorang melihat selembar foto, apa sebenarnya yang ia lihat? Hanya sebuah gambar? Apakah ia dapat melihat cerita dalam gambar tersebut? Atau mengambil pesan tertentu dari simbolisasi gambar? Mungkin teringat akan kenangan tertentu?

Selembar foto (Wedding Photography-red) adalah ungkapan bahasa gambar atau visual seseorang. Jika seorang fotografer mengarahkan kamera ke suatu obyek tertentu, dalam benaknya akan muncul keinginan memperlihatkan hasil fotonya kepada “seseorang”. Seseorang di sini bisa dirinya sendiri sebagai penikmat, maupun publik secara luas. Keingian bercerita terkadang menjadi kebutuhan seseorang. Sehingga pada saat itulah foto (Photography Jakarta-red)menjadi alat untuk berkomunikasi, sebagai media untuk bercerita.


Untuk dapat mengungkapkan secara baik melalui foto, maka tata bahasa yang digunakan pun harus tepat dan sesuai dengan konteksnya. Tata bahasa dalam bahasa visual fotografi meliputi penerapan teknik, komposisi dan tata cahaya, serta estetika. Aplikasi yang tepat menyebabkan seorang pengamat akan memahami dan mengerti arti ungkapan fotografernya (Album Photography Jakarta-red). Jadi, bagaimanapun sederhananya sebuah tujuan pemotretan, maka yang harus diperhatikan adalah ketrampilan pengoperasian kamera.

Bagaimana dengan foto-foto yang ada dalam blog ini? Foto-foto yang merupakan hasil jepretan tangan-tangan yang terampil dalam pengoperasian kamera. Mario Handrikovaro dan Aulia Rachman, adalah orang-orang bertalenta yang ada di balik semua ini. Anda lihat, foto-foto di atas tidak hanya indah, namun juga ada pesan implisit di dalamnya, bukan? Ada sesuatu yang sepertinya ingin mereka sampaikan.

Hmmm..Anda pastinya juga ingin menjadi lukisan cahaya yang cantik dan dapat memberi pesan, bukan? Misalnya dalam foto-foto prewedding Anda. Ternyata jika ingin merekam kenangan indah lewat foto pre-wed yang cantik, ternyata ada ‘racikannya’ tersendiri. Pertama, Anda harus memilih fotografer dengan reputasi yang baik. Setelah itu, tuangkan imajinasi Anda dan pasangan ke dalam suatu konsep pemotretan yang unik dan istimewa. Misalnya seperti berada dalam waktu tempo dulu, dengan ditemani oleh mobil klasik dari “sewa-classicku”.

Jadi, luangkan waktu Anda untuk ngobrol-ngobrol dengan saya, saya janji akan mengenalkan mereka yang bertalenta ini kepada Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...