Monday, April 4, 2011

Small Tips for RESTORING CLASSIC CAR




Satu hal yang harus dimiliki dari sebuah mobil klasik adalah restorasi yang terbaik. Memang, bagi yang belum pernah melakukannya, kadang merestorasi mobil klasik bisa membuat “frustrasi”. So,let’s take a look at some very important tips and tricks untuk merestorasi mobil klasik secara baik dan benar...

Organize and Plan:
Milikilah waktu yang cukup untuk memeriksa mobil baik bagian dalam maupun luar, dan buatlah daftar yang lengkap bagian-bagian yang perlu atau ingin direstorasi. Take your time don’t hurry. Pastikan untuk memeriksanya secara menyeluruh, this will save you a lot of time and trouble later.

What to Inspect For:
Ketika memeriksa mobil dan membuat daftar di atas, ingatlah bahwa daftar tersebut meliputi apa saja yang perlu diganti, apa saja yang masih bisa dipakai atau diperbaiki, apa saja yang sudah berkarat,apa ada jendela atau kaca yang pecah, baut-baut yang hilang, kondisi chrome-chromenya, bagian mekanikal , and last but not least check for the electrical parts.

Choosing the Right Parts:
Make sure in your mind that you are restoring a classic car, jangan pernah mencoba untuk mengubahnya. Pastikan restorasi mobil klasik tersebut benar-benar semirip dengan aslinya. Tanyalah kepada yang ahli.Untuk suku cadang atau bagian mesin, belilah beberapa untuk cadangan. Belilah yang asli, memang agak mahal, tapi pastinya lebih tahan lama dan lebih hemat.

Paint and Touch-up:
Cobalah mencari bengkel pengecatan dengan spesialisasi pengecatan untuk mobil klasik. Pilihan terbaik adalah dengan mengecatnya semirip mungkin dengan warna original dari model mobil klasik tersebut.
Jika bagian chrome masih dalam keadaan baik, cukup dengan polishing ulang.

Interior:
Jika kulit jok masih dalam keadaan yang baik, cukup dengan memolesnya kembali dengan cairan pembersih kulit. Pilihlah cairan pembersih kulit dengan shade warna yang sama dengan warna kulit jok mobil. Sebelum memoles dengan cairan tersebut pastikan bahwa jok dalam keadaan bersih.Bila kulit jok dalam keadaan yang sangat tidak baik, pilihan terbaik adalah dengan mengganti seluruh lapisan kulit jok. Jika tidak sama persis, pastikan semirip mungkin.

Putting It All Together:
Ketika semua suku cadang sudah dibeli, dan pengecatan serta interior sudah dilakukan , it’s now time to put everything right back where it’s supposed to be.

Now enjoy your newly restored classic car. Go on admire it as much as you want, as that’s what restoring a classic car all is about.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...